Selasa, 13 Oktober 2015

Baleganjur dan penjelasannya.DicekGan

Pengertian

BALEGANJUR salah satu jenis aliran gambelan di Bali. Baleganjur biasanya diterapkan pada upacara keagamaan dan adat agama hindu di Bali. Baleganjur memiliki ciri khas pada penggunaan "ceng-ceng", Istilah Baleganjur berasal dari kata Bala dan Ganjur. Bala berarti pasukan atau barisan,Ganjur berarti berjalan.Jadi Balaganjur yang kemudian menjadi Baleganjur yaitu suatu pasukan atau barisan yang sedang berjalan,yang kini pengertiannya lebih berhubungan dengan sebuah barungan gamelan.

Sejarah Baleganjur

Gamelan Baleganjur pada awalnya difungsikan sebagai pengiring upacara ngaben atau pawai adat dan agama.Tapi dalam perkembangannya,sekarang peranan gamelan ini makin melebar.Kini gamelan baleganjur dipakai untuk mengiringi pawai kesenian,ikut dalam iringan pawai olah raga,mengiringi lomba laying-layang,dan ada juga yang dilombakan.
Baleganjur adalah sebuah ensamble yang merupakan perkembangan dari gamelan bonang atau bebonangan.Baik dari segi instrumentasinya maupun komposisi lagu-lagunya.
Bonang atau bebonangan adalah sebuah barungan yang terdiri dari berbagai instrument pukul(percussive) yang memakai pencon seperti reong,trompong kajar,kempli,kempur,dan gong. Gamelan bonang memakai dua buah kendang yang dimainkan memakai panggul cedugan. Dalam lontar Prakempa disebutkan bahwa gamelan bonang dipakai untuk mengiringi upacara ngaben.Sama kasusnya dengan gamelan baleganjur yang pada umumnya dipakai untuk mengiringi upacara ngaben.

Instrumen Baleganjur

Instrumen dalam Baleganjur terdiri dari :
1 buah kendang lanang
1 buah kendang wadon
4 buah reong(Dong,Deng,Dung,Dang)
2 Ponggang(Dung,Dang)
8-10 buah cengceng
1 buah kajar
1 buah kempli
1 buah kempur
1 pasang gong(lanang’wadon)
1 buah bende

Pengelompokan

Baleganjur dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2 jenis gending (alunan lagu) sesuai dengan fungsinya secara umum.
A. Baleganjur Upacara
Merupakan baleganjur yang digunakan dalam upacara adat agama hindu. Baleganjur ini memiliki gending dan tempo yang cenderung datar, karena bersifat "nuntun yadnya" sebagai pelengkap dari suatu yadnya.
B. Baleganjur kreasi
Merupakan baleganjur yang digunakan untuk menghibur atau "balih-balihan" yang biasa sebagai ajang menunjukan kemampuan dan tehnik tinggi dari penabuh (pemusik). Gendingnya pun lebih rumit dan memiliki tehnik tinggi.

Referensi
Ensiklopedi, Bandem, I Made
Penalaran penulis
Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar